Bagaimana Memilih Produk Asuransi?

Saat ini beragam produk asuransi ditawarkan ke masyarakat. Mungkin Anda kebingungan juga ketika hendak memilih produk asuransi, apalagi tawaran yang diberikan perusahaan asuransi begitu gencar dengan berbagai poin keunggulan.

Kepada Majalah Saudagar, pakar keuangan UGM, Ahmad Amin SE, M.Sc.Akt, menyarankan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh calon nasabah sebelum memilih salah satu produk asuransi.

Pertama, calon nasabah wajib mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan asuransi yang akan diikuti. Kondisi keuangan dapat dilihat dari laporan keuangan yang biasa dipublikasikan di media massa. ”Dari laporan keuangan tersebut dapat terbaca liabilitas atau kemampuan membayar kewajiban dari perusahaan tersebut,” kata dosen lulusan dari Norwegia tersebut kepada majalah SAUDAGAR . Liabilitas perusahaan asuransi dapat terlihat dari besarnya likuiditas keuangannya. Jika perusahaan asuransi mempunyai aktiva jangka pendek yang besar, maka diperkirakan asuransi mempunyai dana yang cukup jika harus membayar kewajiban, misalnya membayar klaim.

Kedua, perhatikan pelayanan yang terkait dengan produk dan SDM. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk mengetahui kondisi SDM, semisal petugas asuransi, bisa menggunakan informasi atau rekomendasi dari rekan-rekan yang telah mengikuti sebuah produk asuransi. Perhatikan juga kecepatan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajiban.

Ketiga, perhatikan faktor biaya. Dari beberapa pilihan asuransi, tentu bisa membendingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar premi. Tentu saja biaya tersebut harus dikomparasikan dengan manfaat dan perlindungan yang diperoleh. Walaupun biayanya sedikit lebih besar namun memberikan perlindungan yang maksimal, produk tersebut mungkin layak untuk dipilih.

[ahmad rafiq/ majalah saudagar ]

Iklan

6 Tanggapan

  1. saya sudah baca tentang syarat-syarat memilih perusahaan asuransi yang baik dan terima kasih sudah memberikan masukan2nya. Di sini saya mau menawarkan produk asuransi prudential karena saya dari prudential yang syarat-syarat perusahaan yang baik telah disebutkan di muka. mungkin bapak belum punya asuransi? bisa saya bantu lho pak…thx

  2. Tolong dong, kupas tuntas masalah macem-macem asuransi ni…
    soalnya apa saja yang seharusnya dapet kita asuransikan sebagai jagan-jagan masa depan yang kita kagak tau mau gimana…
    Juga perusahaan asuransi yang kredibel sehingga suatu saat kalo ada klaim tidak lagi muter-muter. Ini yang penting, biar yang orang pusing jadi enteng gitu. Jangan orang puyeng, gara-gara ngurus klaim asuransi di pingpong malah tambah jadi sakit monting…. he he h….
    salam

  3. om, mosok SAUDAGAR belum dibikin websitenya…., keburu dipake orang lain lho…
    soalnya tak cari-cari koq kagak ada…
    ternyata emang belun…
    salam ya….., buat anak istrimu dan keluarga besar SAUDAGAR..
    SALAM

  4. SAUDAGAR KUWI MUNG NGGEDEBUS TOK. OPLAHE MUNG 1000 biji JARE 40.000. makane gak maju-maju

  5. Pembaca yth,

    jika ingin masuk ke dalam salah satu program asuransi prudential, saya bisa bantu dengan menyertakan nama lengkap, bekerja di dalam/luar ruangan, merokok/tidak merokok dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
    Thx

    my contact: 081319002125

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: