Pendjara di hari bersedjarah

Tanggal 27 April merupakan hari bersejarah. Karena usia saya telah genap 29 tahun. Agak aneh penyebutannya, masalahnya angka 29 merupakan angka ganjil. Tapi akan lebih aneh lagi jika saya menyebut usia saya telah ganjil 29 tahun. Tidak usah lah saya menceritakan kado spesial yang saya dapat di hari ini. Hanya tragisnya, ketika mengunjungi blog teman saya di sini, ups…..tanggal tersebut merupakah hari Lembaga Pemasyarakatan. Gubraag!!!

konsep pemasyarakatan pertama kali digagas oleh Menteri Kehakiman Sahardjo pada tahun 1962, dimana disebutkan bahwa tugas jawatan kepenjaraan bukan hanya melaksanakan hukuman. Tugas yang jauh lebih berat adalah mengembalikan orang-orang yang dijatuhi pidana ke dalam masyarakat. Pada tahun 2005, jumlah penghuni LP di Indonesia mencapai 97.671 orang, lebih besar dari kapasitas hunian yang hanya untuk 68.141 orang.(wikipedia)

Sedikit cerita agak menarik, ketika saya sedang berjalan-jalan di Jakarta dengan seorang putri dengan mengendarai bus kota, masuklah seorang pemuda berwajah cukup sangar. Pada mulanya saya menyangka dia akan mengamen. Namun ia tidak membawa satu pun alat musik, walaupun sekedar ecek-ecek. Ternyata ia berpidato layaknya orasi, menceritakan betapa kerasnya kehidupan di ibu kota. Karena kerasnya, dahulu ia terpaksa merampok, mencuri dan melakukan beberapa tindakan kriminal lain. Alhasil, ia pun ditangkap dan dijebloskan di LP Cipinang.

Ia mengaku telah bertobat. Dengan bangganya dia memperlihatkan surat keterangan bebas dari LP paling tenar di Indonesia tersebut kepada semua penumpang. Dalam penutupnya, dia meminta agar penumpang memberinya uang, agar dia tidak kumat lagi kriminilnya.

Oalah…..intimidasi gaya baru tho..Untung aku sudah sampai tujuan.

“Ayo dik, kita turun,” kataku.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: