EYD terbaru versi 2008

Seorang kawan nampaknya cukup care dengan saya. Tahu kalau saya hobby menulis, ia mengirimkan sebuah email yang katanya merupakan pakem Ejaan Yang Disempurnakan versi 2008. Menurutnya pula, EYD ini telah disepakati oleh para ahli bahasa dalam sebuah kongres. Maka dari itu, saya ingin share dengan warga WP yang lain, yang mestinya juga hobby dalam tulis-menulis. Demikian email dari teman saya:

Abjad dalam Bahasa Indonesia setelah direvisi berdasar EYSD (Ejaan Yang
Disempurnakan) Mengurangi jumlah abjad pada bahasa Indonesia.

Abjad yang digunakan di dalam bahasa Indonesia berjumlah 26.
Ke-26 abjad tersebut rasanya masih terlalu banyak,
dan lagipula ada beberapa abjad yang jarang sekali digunakan.
Oleh karena itu mari kita sederhanakan abjad-abjad tersebut dan
menyesuaikan dengan kata-kata yang kita gunakan.

Pertama-tama, huruf X, kita ganti dengan gabungan huruf K dan S.
Kebetulan hampir tidak ada kata dalam bahasa Indonesia asli yang
menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan kata serapan dari bahasa
asing. Misalnya taxi menjadi taksi, maximal menjadi maksimal, dst.

Selanjutnya, huruf Q kita ganti dengan KW. Serupa dengan X,
kata2 yang mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali.Misalnya

Berikutnya, huruf Z. Huruf Z kita ganti menjadi C.
Tidak ada alasan kuat tentang hal ini.

Huruf Y diganti dengan I.
Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I.

Kemudian huruf F dan V keduania diganti menjadi P.
Pada lepel ini masih belum terjadi perubahan iang signipikan.

Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U.
Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup.

Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R,
mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan
hurup tersebut. R kita ganti dengan L.

Selanjutnia, gabungan hulup KH diganti menjadi H.
Iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C.
Hulup G juga diganti menjadi K.
Dan hulup J juga diganti menjadi C.

Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia.
Cekalank kita kanti hulup pokalnia.

Cuma ada lima hulup pokal, A, I , U, E, O.
Kita akan eliminaci dua hulup pokal.
Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE.
Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO.

Cadi, campe cekalank, keeta belhaceel
menkulangee hooloop-hooloop keeta.
Kalaoo keeta tooleeckan lagee,
hooloop-hooloop eeang telceeca adalah:

A, B, C, D, E, H, K, L, M, N, O, P, T.

Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan??
Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop.

Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan! !

Co, ceelahkan keeleemkan tooleecan anda denkan
menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot.

Iklan

26 Tanggapan

  1. Mas, nama ku ditulis zazuli. kalau harus diganti caculi bisa-bisa aku jadi bahan tertawaan muridku yang seluruhnya berjumlah 550 siswa.hehehe…..

  2. mas, bisa minta rincian mengenai EYD yg terbaru ga?

    Whaduh..itu bukunya tebal tuh…
    kalo ditulis ke blog susah pun,hehe
    Pakai EYD yang di atas itu dulu aja ya..

  3. heuheuheueuh

    ah mao terbaru apa yang kemaren…

    emang masih ngaruh?

    :p

    menoeroet goeoe saja Edjaan Jang Disempoernakan itu amat penting oentoek oarng jang soeka akan menoelis [ompiq]

  4. alo pujangga fh uns,

    wah hebat tulisannya, tambah jago deh sekarang…

    hehe…. cikampek daerah mana tuh..

    url tak list di tempat ku yo….

    siaaaap [ompiq]

  5. hahahahahaha

    loocoo loocoo

    mantap

    cankan citu cadel

  6. cankan-cankan citu cadel

    caia teedak cadel kok.cooma cekedal eeceng [ompeekw]

  7. kooncoonkan peltama neeh..
    calam kenal..

    calam cenal cooka ya mbak lahmauatee [ompikw]

  8. saya bacanya kok pusing yah…loadingnya jadi lebih lama. wakakak….

    RAM-nya minta tambah kalee[ompiq]

  9. EYD selalu membuat saya pusing, sungguh.. satu hal aneh lagi yg saya tidak suka 😀

    Pusing..kebanyakan gonta ganti standart {ompiq]

  10. Blog mendidik maju terus untuk pendidikan di Indonesia dan memakai bahasa Indonesia yang benar dan baik

    Sayangnya yang benar belum tentu komunikatif

  11. haaduhhh sumpeh gak bakl hafal deh aqu,………. buat lidah jdi cadel gitu hahahaha…..
    lam kenal ya…

    Ya bacanya ngga harus cadel dong..nulisnya doang.
    Kan selama ini ‘oe’ juga dibaca ‘u'[ompiq]

  12. ahahahaahah,,pernah dapat neh,via email tapi dah lama sih,,lucu emang nih,,kreatif banget ya yang bikin

    kreatif dan gila bedanya tipis yah…[ompiq]

  13. Apa memang buku terbitan Pusat Bahasa? Saya nangkapnya sbg bhs prokem.

    o ya kenalkan nama saya culmasri, ops enak saja z diganti c.

    Haha..just kidding om…[ompiq]

  14. Udah Ujyan, gak ada ojyek, becyek.

    embyeeeer [ompiq]

  15. Wah postingan ini lagi ngetop nih …
    dimana-mana ada …

    hehe..udah banyak di milist kalee…[ompiq]

  16. aduhh, kalo hurufnya cuma 12, ntar gak seru pas main ABCD 5 dasar..
    itu lohh, yang mainan nyebutin nama-nama negara dari huruf tertentu, kalo hurufnya cuma dikit, cepet selesai juga jadi ga asik.

    bikin nopol kendaraan juga susah…[ompiq]

  17. Untungnya kita nggak hidup di Jepang atau China, jumlah hurufnya ribuan…

    wah,kasian murid SD-nya ya di sana…[ompiq]

  18. hahahaah….sakit perut bacanya!

  19. ah sial lucu2an. kirain beneran (doh)

    btw ada KBBI online lho
    http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/

  20. Bagiamana ya mas mendapatkan edisi EYD yang baru melalui internet, Aku ada tugas untuk membuat laporan EYD.

    Mohon bantuannya ya!
    thank’s before!

  21. Jangan lupa balas ya!

  22. bahasa yang aneh

  23. kalian pada hebat yaaa!!!!!!!!!!!!!

  24. low aq bilang NGGILANI, basa ra cetha (bahasa ngga jelas) hehehe

  25. Hahaahha…..kocak abisss…! Kreatip banged….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: