Kaki Banyak Tidak Bisa Lari

kaki seribu

foto kaki seribu

Suatu malam, sehabis pulang kerja, saya duduk santai di ruang tamu sembari menghirup kopi. Tidak lupa, daya menyalakan sebatang rokok. Bagi saya, mengopi tanpa merokok adalah sebuah siksaan.

Tiba-tiba, pandangan mata saya tertumbuk pada sebuah sosok kecil memanjang. Sosok tersebut bergerak pelan. Setelah saya lihat secara cermat, teryata benda itu adalah binatang kaki seribu. Di desa saya, hewan itu biasa disebut luwing.

Tanpa pernah berniat untuk membunuhnya, saya mencoba mendekatinya. Dia masih cuek berjala, seakan saya tidak berada di situ. Akhirnya, saya mengambil sebuah sapu untuk mengusirnya secara baik-baik.

Hanya dengan satu sentuhan sapu, binatang itu menyerah. Dia melingkarkan badannya, sembari diam tanpa gerak. Dengan mudah, saya menyapunya keluar dari rumah saya.

Setelah itu, baru terbersit pertanyaan di kepala saya. Konon, binatang itu memiliki kaki yang berjumlah seribu. Saya sendiri juga belum pernah menghitungnya, dan tidak ingin menghitungnya.

Logikanya, dengan dua kaki saja, manusia sudah bisa berlari cepat. Sedangkan anjing yang kakinya empat juga bisa berlari lebih cepat, sehingga sering mengejar manusia. Tapi kenapa makhluk yang katanya punya seribu kaki itu tidak bisa berlari?

(abu nida)

 

Satu Tanggapan

  1. sama dengan bangsa ini katanya gemah ripah loh jinawi, tetapi tidak bisa berlari

Tinggalkan Balasan

